Kamis, 27 Agustus 2009

SNIFFING

SNIFFING
SNIFFING adalah penyadapan data data yang lewat dalam sebuah jaringan.Informasi ini biza berupa password, kegiatan pengguna dalam jaringan, mengidentifikasi komputer yang terkena virus, dan melihat apa yang membuat komputer lambat dalam jaringan.
langkah-langkah melakukan sniffing antara lain:
  1. Kita butuh tools pendukung yaitu: CAIN ABEL dapat didownload di http://bucex.org/cainabel.zip
  2. Install cain abel
  3. Lalu jalankan tools cain abelnya
  4. Pilih start ARP dan pilih Cross tab sniffer, lalu klik kanan pada kolom ip adress, pilih scan mac adress, pada target pilih All Host in my Subnet,OK
  5. Setelah mendapatkan IP Client,lalu pilih cross tab APR,clik di tampilan status,tanda + akan aktif, lalu klik tanda tsb,di sebelah kiri IP server dan disebelah kananya pilih semua IP clientnya lalu ok
  6. Tunggu beberapa detik sampai proses poisoning, jika status sudah poisoning, maka data sudah bisa direkam oleh cain abel
  7. Untuk membuat account yang telah direkam oleh cain abel,pilih cross tab password dan pilih http, lalu kita bisa melihat password/username yang telah terekam oleh cain abel
(www.smki-gratis.net)
Contohnya saja, saya memakai komputer yang terhubung disuatu jaringan di kantor saya, lalu saya mengirim email kepada temen saya,email saya harus melewati jaringan komputer di kantor saya(melewati server atau gateway internet) barulah masuk ke inbox teman saya.Pada saat email melewati jaringan kantor saya, pada saat itulah aktivitas sniffing dapat dilakukan, sehingga email saya dapat dibaca oleh sniffer.
Cara mencegah sniffing ialah jangan melakukan aktivitas yang sifatnya rahasia misal(email penting, e baking, ataupun chatting rahasia)di dalam suatu jaringan yang tidak kita kenal, misal: warnet...dan anda sebaiknya tahu orang orang dalam jaringan tsb memiliki pengetahuan hacking atau tidak.
jadi kita haruz hati hati dalam beraktivitas di dunia maya, karena para sniffer tidak menyerang komputer kita secara langsung melainkan pada saat data kita sudah berada di jaringan komputer.
(sumber: isparmo.web.id)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar